SARI, Sastika Amalia Lupita (2023) PENGARUH ROLE PLAYING BERBANTUAN VIDEO ANIMASI 3D TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA JAWA KELAS IV SD NEGERI JATISAWIT 02. Bachelor thesis, UNIVERSITAS PERADABAN.
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK-SASTIKA AMALIA LUPITA SARI-40219069-SKRIPSI-2023(1).docx - Published Version Download (10kB) |
|
PDF (COVER)
COVER_SASTIKA AMALIA LUPITA SARI_.pdf - Published Version Download (2MB) |
|
PDF (BAB I)
BAB-I-SASTIKA AMALIA LUPITA SARI-40219069-SKRIPSI-2023.pdf - Published Version Download (362kB) |
|
PDF (BAB II)
BAB-II-SASTIKA AMALIA LUPITA SARI-40219069-SKRIPSI-2023.pdf - Published Version Download (993kB) |
|
PDF (BAB III)
BAB III-SASTIKA AMALIA LUPITA SARI-40219069-SKRIPSI-2023.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
PDF (BAB IV)
BAB IV-SASTIKA AMALIA LUPITA SARI-40219069-SKRIPSI-2023.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (293kB) |
|
PDF (BAB V)
BAB-V-SASTIKA AMALIA LUPITA SARI-40219069-SKRIPSI-2023.pdf - Published Version Download (254kB) |
|
PDF (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA-SASTIKA AMALIA LUPITA SARI-40219069-SKRIPSI-2023.pdf - Published Version Download (353kB) |
|
PDF (LAMPIRAN)
LAMPIRAN-SASTIKA AMALIA LUPITA SARI-40219069-SKRIPSI-2023.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (11MB) |
|
PDF (ARTIKEL)
ARTIKEL-SASTIKA AMALIA LUPITA SARI-40219069-SKRIPSI-2023.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (170kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh siswa yang masih kesulitan dalam memahami bahasa jawa terutama dalam kegiatn pembelajaran. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui ada atau tidak nya pengaruh metode Role Playing Berbantuan vidio animasi 3D terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran bahasa jawa. Materi unggah - ungguh basa kelas IV SD Negri Jatisawit 02. Jenis penelitian ini yaitu penelitian kuantitatif dengan pendekatan Pre-Eksperimental design jenis one-group pretest and posttest . Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas IV dan sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV. Teknik sampling menggunakan simpel random sampling teknik pengumpulan data menggunakan tes observasi dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan yaitu uji prasyarat analisis statistik dan uji hipotesis . Hasil penelitian menunjukan bahwa uji normalitas menggunakan uji kolmorogov-ssmirnov dapat diketahui bahwa nilai sig 0.053 lebih besar dari 0.050. hal tersebut menunjukan bahwa data berdidistribusi normal yang artinya terdapat pengaruh positif siswa terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran bahasa jawa materi unggah - ungguh basa sebesar 58%. Bedasarkan uraian hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa penggunaan model Role playing berbantuan vidio animasi 3D memiliki pengaruh sebesar 85% terhadap hasil belajar bahasa jawa materi unggah ungguh basa kelas IV SD Negri Jatisawit 02 tahun ajaran 2022/2023.
Item Type: | Thesis (Bachelor) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | Role playing Berbantuan Vidio Animasi 3D Terhadap Hasil Belajar Bahasa Jawa. | ||||||
Subjects: | 300 Ilmu Sosial, Sosiologi, Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > 371.3 Metode dan Model Pembelajaran, Media Pembelajaran, Kegiatan Belajar Mengajar 400 Ilmu Bahasa, Kebahasaan > Bahasa Jawa |
||||||
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1 | ||||||
Depositing User: | Ms Nur Afni Taflikhatun | ||||||
Date Deposited: | 09 Jan 2024 07:16 | ||||||
Last Modified: | 09 Jan 2024 07:16 | ||||||
URI: | http://eprints.peradaban.ac.id/id/eprint/1563 |
Actions (login required)
View Item |