Agustin, Eka Melinda (NIM.40214147) (2019) PENGARUH GUIDED INQUIRY MELALUI PRACTICE REHEARSAL PAIRS TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SD NEGERI JATISAWIT 01TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Bachelor thesis, Universitas Peradaban.
|
Text
40214137_HALAMAN AWAL.pdf - Accepted Version Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
40214137_BAB I.pdf - Accepted Version Download (36kB) | Preview |
|
Text
40214137_BAB II.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only until 30 September 2025. Download (79kB) |
||
|
Text
40214137_BAB III.pdf - Accepted Version Download (44kB) | Preview |
|
Text
40214137_BAB IV.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only until 30 September 2026. Download (97kB) |
||
|
Text
40214137_BAB V.pdf - Accepted Version Download (18kB) | Preview |
|
|
Text
40214137_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version Download (23kB) | Preview |
|
Text
40214137_LAMPIRAN.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only until 30 September 2026. Download (497kB) |
Abstract
Permasalahan yang melatar belakangi penelitian ini adalah siswa tidak antusias dalam mengikuti mata pelajaran IPA, sering berisik, suasana belajar kurang menarik dan rendahnya gairah belajar. Hal itu menjadi penyebab nilai rendahpada mata pelajaran Ipa terutama pada materi sistem pernapasan manusia dan hewan .Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu: (1) Seberapabesar pengaruh model guided inquiry melalui practice rehearsal pairs pada siswa kelas V SD Negeri Jatisawit 01 Tahun Pelajaran 2018/2019, (2) Seberapa besar pengaruhguided inquiry melalui practice rehearsal pairs terhadap keterampilan hasi belajar siswa kelas V SD Negeri Jatisawit 01 Tahun Pelajaran 2018/2019. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui seberapa besar pengaruh model guided inquiry melalui practice rehearsal pairs pada hasil belajar siswa kelas V SD Negeri Jatisawit 01 Tahun Pelajaran 2018/2019 , (2) Mengetahui seberapa besar pengaruh model guided inquiry melalui practice rehearsal pairs terhadap keterampilan pada siswa kelas V SD Negeri Jatisawit 01 Tahun Pelajaran 2018/2019. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan tipe desain penelitian Pre-Experimental Design. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri Jatisawit 01 yang berjumlah 37 siswa. Terdapat dua variabel , variabel independen dalam penelitian ini yaitu model guided inquiry melalui practice rehearsal pairs, sedangkan variabel dependen yaitu hasil belajar. Adapun cara untuk memperoleh skor hasil belajar dengan cara memberi tes pilihan ganda sebanyak dua kali dengan instrumen sebanyak 20 butir soal tiap tesnya. Hasil penelitian yaitu: (1) Pengujian hipotesis dengan menggunakan uji regresi linier ganda menghasilkan harga Fhitung 0,761 > Ftabel 0,580. Maka hipotesis diterima dan menghasilkan keputusan bahwa ada pengaruh model guided inquiry melalui practice rehearsal pairs terhadap hasil belajar siswa kelas V SD Negeri Jatisawit 01 Tahun Pelajaran 2018/2019.
Item Type: | Thesis (Bachelor) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||||||
Uncontrolled Keywords: | Pengaruh, guided inquiry, Practice Rehearsal Pairs, Hasil Belajar Siswa | ||||||||||||
Subjects: | 300 Ilmu Sosial, Sosiologi, Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > 371.3 Metode dan Model Pembelajaran, Media Pembelajaran, Kegiatan Belajar Mengajar 300 Ilmu Sosial, Sosiologi, Antropologi > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > Sains, IPA, Teknologi dan Kesehatan |
||||||||||||
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1 | ||||||||||||
Depositing User: | Nidzom Muhammad | ||||||||||||
Date Deposited: | 17 Nov 2019 04:25 | ||||||||||||
Last Modified: | 17 Nov 2019 04:25 | ||||||||||||
URI: | http://eprints.peradaban.ac.id/id/eprint/528 |
Actions (login required)
View Item |